Welcome to the Knowledge Provider....

Saturday 9 April 2011

Don Quixote

Cover Pertama Novel Don Quixote
Don Quixote, yang berjudul asli El Ingenioso Hidalgo don Quijote de la Mancha atau The Ingenious Gentleman Don Quixote of La Mancha, merupakan novel karya sastrawan Spanyol bernama Miguel de Cervantes. Novel ini terbagi atas dua bagian yang masing-masing diterbitkan pertama kali pada tahun 1605 dan 1615. Novel ini merupakan karya yang cukup berpengaruh pada Zaman Keemasan Spanyol (Spanish Golden Age) sebagai salah satu karya terhebat dalam literatur Spanyol.

Novel ini bercerita mengenai seorang yang kaya raya bernama Alfonso Quijano yang tinggal di daerah La Mancha. Dia sangat hobi membaca buku-buku tentang ksatria dan menjadi terobsesi. Dia menjadi gila karena terlalu berlebihan membaca dan percaya bahwa dirinya adalah seorang ksatria bernama Don Quixote. 

Alfonso atau "Don Quixote" pun memutuskan untuk pergi berpetualang layaknya seorang ksatria. Dengan menggunakan kudanya yang dinamakan "Rocinante", ia segera keluar dari rumahnya. Pertama ia sampai di sebuah penginapan yang dia anggap sebagai sebuah  istana dan penjaga penginapan tersebut sebagai rajanya. Don Quixote memintanya untuk melantiknya sebagai ksatria dan terkabulkan. Penjaga penginapan pun memberinya tugas untuk pergi. Dalam perjalanannya, Don Quixote menyelamatkan seorang anak laki-laki yang diikat oleh majikannya karena ia menagih gaji yang seharusnya dia dapatkan tetapi belum dibayar. Don Quixote juga bertengkar dengan pedagang dari Toledo yang akhirnya mengalahkan dia dan meninggalkannya di pinggir jalan. Don Quixote pun ditemukan dan dibawa kembali ke rumahnya oleh tetangganya, Pedro Caspo.

Don Quixote (Yang tinggi) dan Sancho Panza


Dalam petualangannya yang kedua, ia mencoba kabur dari rumahnya. Semua penghuni rumahnya mencoba membakar semua buku ksatrianya Don Quixote. Sementara itu, Don Quixote mengajak tetangganya, Sancho Panza, untuk menjadi asistennya dengan jaminan Sancho akan mendapatkan pangkat pejabat yang tinggi (tentu saja ini hanya imajinasi Don Quixote). Sancho yang kurang terdidik percaya saja. Akhirnya petualangan pertama duet ini dimulai dengan pertarungan dengan sebuah kincir angin yang Don Quixote anggap sebagai Raksasa.


Dalam petualangannya, mereka bertemu dengan tentara, pendeta, gembala kambing, pelacur, dsb. Ini semua dianggap Don Quixote sebagai bagian dari petualangan ksatrianya. Don Quixote sering kali ikut campur dalam urusan yang bukan urusannya dan suka tidak membayar utang. Akibatnya, dia selalu dilecehkan dan dikucilkan. Akhirnya, Don Quixote dipaksa pulang dan kembali menjadi waras sedikit demi sedikit sampai pada akhirnya ia meninggal.





0 comments:

Post a Comment