Welcome to the Knowledge Provider....

Saturday 19 November 2011

Peradaban Mesopotamia II (Kebudayaan)

1. Kepercayaan
Dewa Anu
Masyarakat Mesopotamia merupakan penganut Politheisme yaitu meyakini adanya lebih dari satu dewa. Dewa-dewa yang dipuja antara lain :
- Dewa Anu : Dewa langit
- Dewa Enlil : Dewa Bumi
- Dewa Ea (Enki) : Dewa Air
- Dewa Sin : Dewa Bulan
- Dewa Samas : Dewa Matahari
- Dewa Istar : Dewa Perang dan Asmara
- Dewa Tammuz : Dewa Tumbuh-tumbuhan
- Dewa Adad : Dewa Badai
- Dewa Erra : Dewa Kekeringan
- DEwa Nergal : Dewa Wabah
- Dewa Pazuzu : Dewa Jahat
- Dewa Marduk : Dewa Pencipta Dunia
- Dewa Tiamat : Dewa Lautan
Masyarakat Persia sendiri mengenal  agama Awesta dengan kitab Zend Awesta dan juga Agama Zoroaster yang didrikan Zarasthura. Masyarakat Persia juga memuja Dewa Ahura Mazda dan Dewa Angro Mainyu.

2. Arsitektur
Bangsa Mesopotamia telah dapat mendirikan rumah ataupun kuil dengan model ziggurat yaitu sebuah bangunan berbentuk piramida yang memiliki anak tangga dan teras untuk setiap lantainya, dibuat dengan bentuk segiempat atau oval. Selain itu, Juga terdapat taman-taman indah yang salah satunya adalah Taman Gantung Babilonia (The Hanging Garden of Babylon) (samping bawah) yang dibangun Bangsa Chaldea dari Kerajaan Babilonia Baru. Juga terdapat jembatan tertua di dunia. Selain itu, terdapat pula kompleks candi di Uruk dari milenium ke-4 SM, kuil dan istana dari situs periode awal Dinasti di lembah Sungai Diyala seperti Khafajah dan Katakan Asmar.

3Kemampuan Membuat Logam
Pembuatan Tongkat-tongkat, kapak, dan perlengkapan senjata lainnya. Selain itu, juga terdapat pakaian lenan, perkakas dari tembikar dan tembaga serta perhiasan dari emas.

4. Aksara
Sejak berdirinya Sumeria, bangsa-bangsa yang mendiami Lembah Sungai Eufrat dan Tigris sudah mengenal abjad dengan bentuk huruf paku dengan sebutan cuneiform. Pengembangan huruf ini didapat pada peninggalan Babylonia sebuah prasasti batu Undang undang Hammurabi yang memuat 282 pasal, setiap pasalnya memuat peraturan dan hukuman bagi pelanggarnya.

5. Sistem penanggalan
Orang-orang Sumeria sudah mengenal sistem penanggalan dan pembagian waktu. Pengetahuan tentang waktu sangat mereka butuhkan untuk kepentingan nperdagangan dan pertanian, sehingga mereka akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menanam dan berdagang. Pembagian waktu yang telahmereka lakukan adalah membagi satu hari menjadi 24 jam, satu bulanterdiri atas 30 hari, dan satu tahun terdiri dari 12 bulan sama dengan 354 hari.

6. Ilmu Pengetahuan
Bangsa Mesopotamia telah mengenal astronomi berupa bintang dan planet ataupun khatulistiwa. Mereka juga telah mengenal ilmu hitung berupa dasar 60 (disebut sixagesimal) Penemuan mereka tentang hitungan lingkaran adalah 360, satu jam adalah 60 menit, 1 menit adalah 60 detik masih kita gunakan sampai sekarang. Perhatian terhadap ilmu pengetahuan juga terbukti dengan adanya Perpustakaan yang didirikan oleh raja Assyria, Ashurbanipal.

7. Hukum
Salah satu warisan bangsa Mesopootamia adalah hukum berupa codex hammurabi (Undang-undang Hammurabi). Kumpulan hukum yang berbentuk balok batu hitam itu ditemukan di Susa tahun 1901 dalam suatu ekspedisi yang dilakukan arkeolog Perancis di bawah pimpinan M de Morgan. Pada bagian atas balok, yang kini ada di Museum Louvre, Paris, ada relief yang menggambarkan Raja Hammurabi dari Babilonia Kuno (1728-1686 SM) sedang menerima hukum dari Dewa Samas, dewa Matahari yang juga menjadi dewa pelindung keadilan.
Codex Hammurabi , yang terdiri dari 282 pasal ditambah Prolog dan Epilog ,berisi tentang peraturan dan larangan di bidang pertanian, perdagangan, kemasyarakatan, agama, dan pemerintahan. tidak saja berpengaruh pada kumpulan hukum yang ada dalam Alkitab , tetapi juga pada sistem hukum pada periode selanjutnya.  Hukum ini membuktikan sejak abad 18 SM, di Mesopotamia sudah ada seorang pemimpin besar yang sungguh-sungguh mempunyai kesadaran bahwa manusia harus diperlakukan secara adil sebagai manusia. Dalam Epilog codex-nya, Hammurabi menggambarkan tujuannya menuliskan hukum.

8. Musik
Berbagai musik dan lagu diciptakan untuk memuja para dewa dan untuk acara-acara tertentu. Selain untuk dinikmati raja, musik juga dinikmati rakyat biasa. Salah satu alat musik tradisional Mesopotamia adalah Oud.

9. Permainan
Berburu cukup terkenal diantara raja Assyria.Tinju dan gulat juga sudah ada dilihat dari peninggalannya. Juga terdapat Majore, sejenis rugby.  Mereka juga memainkan permainan papan sejenis Mahjong yang dinamakan “Royal Game of Ma-asesblu”.
 
 

0 comments:

Post a Comment